Ini Beliau Langkah-Langkah Menyiapkan Pernikahan

By | November 8, 2019

Nikah di Bali, Crazy Rich Ini Pakai Gaun Bernilai Lebih dari Setengah Miliar

Jakarta – Pernikahan sanggup jadi salah satu tahapan penting dalam hidup dan dinanti. Namun terkadang mempersiapkan hari senang itu justru menciptakan stres. Berikut ini tips semoga Anda sanggup mendapat citra apa yang harus dilakukan bila akan menikah.

Idealnya waktu yang diharapkan untuk mempersiapkan sebuah pesta ijab kabul ialah 8-12 bulan. Sayangnya, tidak semua calon pengantin beruntung mempunyai waktu sebanyak itu. Ada juga pasangan yang terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing, sehingga meskipun tersedia cukup waktu, masih saja tidak sanggup menyempatkan diri.

Untuk kasus-kasus menyerupai ini, ada baiknya Anda memakai jasa Wedding Organizer (WO). Biarkan WO yang membantu Anda mempersiapkan hari istimewa tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan kepada mereka konsep menyerupai apa yang Anda inginkan. Mereka akan membantu mencarikan vendor yang tepat, membantu menerjemahkan konsep tersebut kepada masing-masing vendor. Walaupun tetap saja ada waktu yang harus diluangkan untuk technical meeting dengan masing-masing vendor, tetapi tak akan sebanyak waktu yang harus Anda luangkan bila menanganinya sendiri.

Walau begitu, tak ada salahnya bila Anda ingin melaksanakan sendiri semua persiapan. Banyak juga calon pengantin yang melaksanakan ini, alasannya ada kepuasan tersendiri bila berhasil mengerjakan segala sesuatu dengan perjuangan sendiri. Untuk itu, kami menunjukkan beberapa tips semoga Anda sanggup mendapat citra apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dulu dan bagaimana langkah selanjutnya:

1. Menetapkan tanggal dan waktu pernikahan
Ada baiknya menentukan dua tanggal, sehingga bila tidak memungkinkan mengadakan pesta di tanggal pertama, masih ada alternatif kedua. Pilih juga kapan waktunya, pagi, siang, atau malam.

2. Tentukan jumlah undangan
Buat daftar siapa saja yang akan diundang. Untuk keluarga, orang yang dituakan, atau atasan di kantor, sebaiknya dengan seruan tersendiri. Sementara untuk teman-teman kantor yang lain, mungkin cukup satu seruan untuk satu divisi. Dari daftar orang yang akan diundang, perkirakan dari masing-masing nama akan membawa berapa orang, ini akan mempermudah Anda dalam menentukan anggaran.

3.Memilih kawasan pernikahan
Setelah memperkirakan jumlah tamu, sekarang saatnya untuk menentukan kawasan dengan kapasitas yang sesuai. Bila Anda telanjur jatuh cinta pada satu venue, tetapi kapasitasnya tidak terlalu besar, tak ada salahnya membagi seruan dalam dua waktu yang berbeda. Misalnya pukul 19.00-20.00 untuk seruan dari orangtua, dan pukul 20.00-21.00 untuk seruan Anda dan pasangan.

4. Mengatur anggaran
Sisihkan 40% dari total anggaran untuk masakan dan 60% selebihnya untuk keperluan utama lain seperti, dekorasi, gedung, busana dan rias pengantin, program dan MC, dokumentasi, seruan dan suvenir, serta keperluan lainnya.

5. Tentukan warna, tema, dan gaya pesta
Buat janji terlebih dulu apakah pesta akan dilakukan di dalam atau di luar gedung, tradisional atau modern, serta tema yang akan diangkat. Penting juga untuk menentukan warna demi keserasian busana dengan dekorasi di sekitarnya.

6. Memastikan supplier pesta pernikahan
Sebelumnya, buat daftar pertanyaan untuk diajukan kepada calon supplier, pastikan mereka mengerti dan sanggup memenuhi impian Anda.

7. Membentuk panitia
Meski tidak memakai jasa Wedding Organizer, bukan berarti Anda sanggup mengerjakan semua sendiri. Oleh alasannya itu, bentuklah tim panitia untuk membantu meringankan Anda, biasanya dari sahabat dan kerabat. Terutama pilih yang sudah berpengalaman atau pernah melaksanakan hal serupa.

8. Buat deadline
Agar tidak menunda-nunda dalam menentukan kawasan maupun supplier, buatlah tenggat waktu untuk diri sendiri.
 
9. Lakukan perawatan tubuh
Bila semua hal di atas sudah dilakukan, sekarang saatnya Anda memanjakan diri dengan melaksanakan perawatan badan menyerupai lulur, mandi rempah, perawatan wajah, juga pergi ke sentra kebugaran. Ini penting untuk membantu Anda berdua tampil prima di hari bahagia.